cover
Contact Name
M. Hidayat
Contact Email
tetta01file@gmail.com
Phone
+6285338483050
Journal Mail Official
jurnalistiqra@uindatokarama.ac.id
Editorial Address
Jln. Diponegoro No 23 Bumi Bahari Palu, Sulawesi Tengah
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
ISTIQRA: JURNAL HASIL PENELITIAN
ISSN : 2338025X     EISSN : 24771759     DOI : https://doi.org/10.24239/ist.v10i2
Jurnal Istiqra berfokus pada hasil penelitian teoritis dan empiris dibidang Humaniora, Pendidikan, Hukum, Manajemen dan Kajian Islam. Ruang lingkup kajian dalam jurnal Istiqra meliputi hasil eksplorasi pandangan alternatif, kritik dan rekonseptual khususnya yang berkaitan dengan tema Humaniora, Pendidikan, Hukum, Manajemen dan Kajian Islam.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021" : 10 Documents clear
REVITALISASI LOCAL WISDOM BERBASIS RELIGIUSITAS SEBAGAI RESOLUSI KONFLIK SOSIAL PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KABUPATEN DONGGALA Salahuddin
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.252 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.780

Abstract

Revitalisasi local wisdom Roso Risi Rasa berbasis religiusitas, layak dijadikan pijakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Donggala dalam rangka menata kehidupan masyarakat yang multikultural. Masalahnya adalah apakah local wisdom Roso Risi Rasa ini tersosialisasi dan dipahami oleh masyarakat. Dalam konteks ini, Peneliti mengkaji revitalisasi local wisdom Roso Risi Rasa berbasis religiusitas sebagai resolusi konflik sosial pada masyarakat multikultural Kabupaten Donggala. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif karena data-data yang dianalisis adalah data statistik. Penelitian dilakukan terhadap sampel penelitian yang mewakili populasi. Metode penentuan sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ternyata sebagian besar masyarakat belum mengetahui jika Roso Rasa Risi merupakan motto pemerintah daerah Kabupaten Donggala. Revitalisasi local wisdom Roso Rasa Risi berbasis religiusitas sangat tepat dilakuakan sebagai media resolusi konflik sosial sehingga mengurangi tingkat intesitas konflik yang terjadi dalam masyarakat multikultural, sebagaimana spirit local wisdom Roso Rasa Risi berbasis religiusitas di Kabupaten Donggala,.
REAKTUALISASI NILAI-NILAI ISLAM KLASIK DI ERA GLOBAL (Telaah atas Visi Misi IAIN Palu) Moh. Ali
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.445 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.781

Abstract

Islam klasik adalah simbol dan refresentasi dari pemikiran ulama-ulama jaman dahulu yang membri kontribusi posis serta solusi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan beragama, sehingga kehidupan ini akan aman, damai, saling mengasihi, adil dan demokratis tanpa menindas satu sama lainnya. Dan orang yang belajar Islam klasik akan memiliki berkepribadian yang luar biasa, karena Ini merupakan konsekuensi keimanan seorang Muslim, yang harus memiliki dua aspek fundamental, yaitu pola pikir (‘aqliyyah) dan pola jiwa (nafsiyyah) yang berpijak pada aqidah Islam klasik. Dan untuk mengembangkan kepribadian Islam klasik ada tiga langkah yang harus ditempuh, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw, yaitu: pertama Menanamkan aqidah Islam. Kedua Menanamkan sikap konsisten dan istiqâmah pada orang yang sudah memiliki aqidah Islam agar cara berpikir dan berprilakunya tetap berada di atas pondasi aqidah yang diyakininya. Ketiga Mengembangkan kepribadian Islam yang sudah terbentuk pada seseorang dengan senantiasa mengajaknya untuk bersungguh-sungguh mengisi pemikirannya dengan tsaqâfah islâmiyyah dan taat kepada Allah SWT.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK Hamlam Andi Baso; Sri Dewi Lisnawati; Nur Hikmah Atika
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.298 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.782

Abstract

This study discusses the strategy of Islamic religious education teachers in instilling the character of social care in students at SMA Negeri 3 Palu. The main problem of this study is how the strategy of Islamic religious education teachers in instilling the character of social care in students at SMA Negeri 3 Palu. This study uses qualitative methods, data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Sources of research data are primary and secondary data. The data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the strategy of Islamic religious education teachers in instilling the character of social awareness in SMA Negeri 3 Palu has been carried out well by implementing group work strategies, understanding religious values ​​through religious activities carried out by schools, exemplary, habituation, giving sanction or punishment. the implementation of these strategies and produces religious values ​​and the character of social care between fellow students and the social environment. This strategy can help in the formation of social awareness characteristics of students to apply discipline in schools and in the surrounding environment. This can be seen from students accustomed to socializing and learning together outside the classroom, the teacher informs and gives good examples to students, such as when the bell rings indicating worship time, the teacher sets a good example by guiding students to their respective places of worship and implementing it the congregation will have a positive impact on the next level, namely the family and community environment.
PENGUATAN KEMANDIRIAN HAKIM DALAM MENGEMBAN HUKUM PRAKTIS YANG PROGRESIF DI PENGADILAN NEGERI DONGGALA (Dari Paradigma Hukum Positivisme Menuju Paradigma Hukum Progresif) Muhammad Akbar
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.31 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.783

Abstract

Freedom and independence of a judge in the birth / creating a progressive decision, is still far from expectations. This is due to size / indicators that should be owned by a judge, such as: independence, integrity and moral ethics, transparency and accountability; supervision / control (internal and external); intellect and professionalism, and impartiality, as well as faith is not maximized. The culture of law seeking justice community can not afford to support the efforts of judges in giving birth to a progressive decision. This is due to the legal culture of society in Indonesia is still low, in the sense that there is a tendency people have poor legal awareness.
MEMAHAMI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI PERSPEKTIF ILMU DAKWAH OLEH MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALU Ibrahim Latepo; Suharto
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (999.863 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.784

Abstract

Penelitian ini berjudul “Memahami Penggunaan Media Sosial Melalui Perspektif Ilmu Dakwah Oleh Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas mahasiswa KPI saat menggunakan media sosial. Adapun pokok permasalahannya adalah yang pertama bagaimana fenomena penggunaan media di kalangan Mahasiswa IAIN Palu Kemudian yang keduamateri apa saja yang diunggah atau dibaca oleh mahasiswa IAIN Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tipe riset ini menggambarkan realitas yang sedang terjadi tanpa menjelaskan hubungan antar variabel dengan metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan kuisioner. Objek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa IAIN Palu dengan jumlah populasi sebanyak 9000 orang kemudian diambil sampel sebanyak 90 orang dengan menggunakan rumus Taro Yamane presisi 10% tingkat kepercayaan 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media sosial yang ada, mahasiswa IAIN Palu banyak mendapatkan informasi mengenai dakwah di media sosial baik dalam bentuk identitas pribadi, interaksi dan integrasi sosial maupun hiburan terkait dengan dakwah misalnya menendengar dakwah di Youtube yang dapat memberikan hiburan rohani. Media sosial memberikan ruang kepada pengguna untuk dapat menemukan, mengidentifikasi dan meningkatkan pemahaman diri sendiri yang berkaitan dengan dakwah. Media sosial juga memberikan banyak hiburan melalui konten dakwah yang ditawarkan, terkadang ada seorang admin yang mengunggah video atau materi dakwah yang sedikit lucu, tujuannya agar pembaca tidak merasa bosan dan semakin tertarik untuk mengunjungi situs media sosialnya.
THE APPLICATION OF GAMES IN DEVELOPING STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN EFL CLASSROOM Ana Kuliahana
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v9i1.785

Abstract

This research was aimed at developing students speaking skill in EFL classroom through the application of games. The research was designed in the form of Classroom Action Research. It was conducted in two cycles and six meetings. Each cycle consisted of plan, implementation, observation and Reflection. The researcher employed observation checklist, field notes, questionnaire, and test to collect the data. The main criterion of success of this research was that the students’ scores on speaking test should achieve the score of 70; and it must be achieved by 75% of the total number of students. The second criterion was that the teacher’s classroom performance should meet “Success” category. The results of the first speaking test showed that from 24 students in class TBI-1 FTIK IAIN Palu, there were 15 students got the scores of 70 or higher. It was equal to 62.5 %. In cycle 2, the total number of students who got the scores of 70 or higher was 21. It was equal to 87.5 %. The result of this research indicated that the application of games was effective to develop the students’ speaking skills. Keywords:
PERANAN BOARDING SCHOOL DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MAN 2 PALU Ubadah
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.503 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.786

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan peranan boarding School dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di di MAN 2 Palu dengan pokok permasalahan “Bagaimana peranan boarding school MAN 2 Kota Palu dalam upaya meningkatkan pemehaman bahasa Arab peserta didik di MAN 2 Kota Palu. adapun sub permasalahannya adalah bagaimana langkah-langkah yang ada di boarding school dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di Madrasah Aliah Negeri 2 Kota Palu? dan metode apa saja serta strategi apa yang dipakai dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab melalui boarding school di Madrasah Aliah Negeri 2 Palu? Berdasarkan pokok permaslahan, maka penelitiaan adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak deskriptif kualitatif yang dipadu dengan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan boarding school dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di Madrasah Aliah Negeri 2 Kota Palu sangat besar dalam meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mampu berbahasa Arab dengan langkah-langkah sudah teratur dan terogranisir dengan baik seperti kegiatan bimbingan belajar sore dn malam hari, pembiasaan berbahasa Arab, pemberian hafalan mufradat pasa subuh hari, pemberian sanksi berupa hafalan kosa kata, dan adanya tim penggerak bahasa yang bekerja untuk memantau kedisiplinan peserta dalam berbahasa Arab. Adapun metode dan startegi yang diterapkan dalam boarding school dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kemampuan berbahasa arab peserta didik di MAN 2 Palu. Implikasi penelitian ini diharapkan para guru/pembina maupun pengelola di Islamic Boarding School MAN 2 Kota Palu lebih intensif lagi memberikan bimbingan bahasa Arab dan terus berusaha meningkatkan minat peserta didik untuk masuk dalam program boarding school di MAN 2 Kota Palu.
POST-DISASTER EDUCATION MANAGEMENT: AN ANALYTICAL STUDY OF PERMENDIKBUD NUMBER 33 2019 CONCERNING THE IMPLEMENTATION OF THE DISASTER SAFE EDUCATION UNIT PROGRAM Hatta Fakhrurrozi
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.575 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.815

Abstract

Natural disasters have an impact on educational, economic, social, political aspects, even at the religious level of the community. Some of the main factors causing many victims due to disasters are the lack of public knowledge about disasters, thus causing a lack of preparedness in anticipating the disaster. This research is a literature research, which aims to find a post-disaster management format based on Permendikbud Number 33 of 2019 concerning the Implementation of the Disaster Safe Education Unit Program. This research is motivated by the lack of socialization of the Minister of Education and Culture Number 33 of 2019 in educational institutions in Indonesia which causes schools to be unprepared in dealing with disasters. School unpreparedness further increases vulnerability to disasters. The research method uses content analysis and comparison. The results of this research analysis lead to a conclusion that school residents must be literate in disaster education as an effort to reduce disaster risk. This can be done through the following steps: 1) realizing structurally and non-structurally safe schools 2) incorporating disaster education into subject matter either through integration or separate materials, as well as intra and extra-curricular activities, 3) collaborating with the health office, BNPB , Search and Rescue, NGOs and institutions related to post-disaster management.
MANAJEMEN KONFLIK DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN PERSPKETIF STEPHEN P. ROBBINS Rahmatika Aftori; Fatimah Saguni; Ruslin
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.33 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.843

Abstract

This study examines the dynamics of conflict management in educational institutions with the aim of photographing the phenomenon of functional and dysfunctional conflict in educational organizations. With a library research design by Stephen P. Robbins, this research uses a qualitative descriptive approach through content analysis. The results of this study show that the interactionist view divides conflict into two types, namely functional and dysfunctional conflicts. For conflict management techniques,principals can apply several techniques in managing conflict in schools, including: problem solving, superior goals, resource expansion, anticipation, pressing, compromise, authoritative command, changing human variables and structural variables.
JOB ANALYSIS DAN EFISIENSI KERJA LEMBAGA PENDIDIKAN Suci Uswatun Hasanah; Eka Putra Idris; Saepudin Mashuri
ISTIQRA Vol. 9 No. 1 (2021): Januari-Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.976 KB) | DOI: 10.24239/ist.v9i1.845

Abstract

This paper deals with job analysis and work efficiency in educational institutions. Job analysis seeks to provide information to workers about job activities, job standards, job context, personnel requirements, human behavior, tools used and job procedures for each employee. Through qualitative methods and literature review design, this paper aims to reveal urgent job analysis and redesign in positioning human resources according to their field of knowledge and competence. Implementation of job analysis and redesign based on changes in performance that can increase the productivity of employees of educational institutions. Through job analysis, leaders obtain information about job descriptions and job specifications needed, determine standards, success criteria and evaluate work results that have been achieved. In addition, leaders can use it to determine policies and programs to improve employee work efficiency more optimally according to the vision, mission, goals, and profiles of graduates to be achieved by an educational institution.

Page 1 of 1 | Total Record : 10